..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » » Mekah-Madinah, Pesona Bagi Jutaan Umat Muslim

Mekah-Madinah, Pesona Bagi Jutaan Umat Muslim

Posted by Obay Corps on 17 Agustus 2012


Bagi umat Islam pergi ke Tanah Suci merupakan Impian, Harapan & Kerinduan Terbesar yg tak kan pernah sirna, baik itu untuk menjalankan Ibadah Umroh maupun Ibadah Haji. Yups, karena di sanalah tempat lahirnya Rasulullah Muhammad SAW, di sana pula pertama kali wahyu diturunkan kepada Beliau. Serta di sana pula Agama Islam mulai diajarkan & selanjutnya berkembang ke seluruh penjuru dunia.
Adapun hal yg paling membuat "rasa rindu yang selalu menggebu" untuk pergi berziarah ke Tanah Suci bagi seorang muslim,tak lain karena di sanalah tempat berdirinya Ka'bah (Baitullah), kiblat bagi umat Islam di seluruh Dunia.
Travelista bagi yang ingin Umrah :
Route Jakarta-Madinah sekitar 9 jam perjalanan, Selama perjalanan banyak bardoa dan bersyukur atas nikmat yang diberikanNya serta memohon atas perlindungan dari Allah SWT agar selamat tiba di Bandara Internasional Pangeran Muhammad di Madinah.
Turun dari pesawat, langsung dijemput semacam Bis Angkutan Bandara menuju Terminal  Pemberhentian, untk proses imigrasi.

Tips :
Karena ini adalah perjalanan ibadah. Saat tiba  di Tanah Haram Madinah dan menginjakkan kaki disana, cari tempat yg agak sepi & bersih. Lakukan Sujud Syukur, Pujilah Allah Yang Maha Besar & Maha Pemurah, berdoalah agar diberikan kemudahan & kelancaran dalam menjalankan Ibadah.

Setelah proses imigrasi beres, rombongan akan langsung dijemput oleh BIS yang telah di sewa oleh biro umroh masing-masing. Jarak antara bandara Madinah ke kota Madinah cukup dekat, hanya sekitar 20 menit perjalanan rombongan sudah sampai di Madinah. Di dalam bis jamaah akan di pandu oleh seorang Muthowif (=GUIDE). Sesampai di madinah, jamaah akan diantar ke Hotel disekitar Madinah. Untuk urusan check ini langsung ditangani sama Muthowif.

Al Haramain merupakan istilah untuk dua tanah haram, yaitu Makkah Al Mukaramah dan Madinah Al Munawarah. Dua kota yang diberkahi oleh Allah. Atau dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan istilah "Tanah Suci"
Nabi Ibrahim meminta kepada-Nya, agar supaya Makkah dijadikan kota suci. Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW meminta kepada-Nya, agar supaya Madinah di jadikan kota yang sama (suci)

MADINAH
Madinah atau Madinah Al Munawwarah bagi umat Islam kota ini merupakan kota suci ke dua setelah Kota Mekah. Kota yang berjarak kurang lebih 600 km di sebelah Utara Kota Mekkah ini adalah kota yang ramai dikunjungi/ diziarahi oleh Kaum Muslimin.
Sebelum masa perkembangan Islam, kota ini bernama Yastrib dan dikenal sebagai pusat perdagangan. Setelah Rasulullah Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke kota ini maka namanya diganti menjadi Madinah.

Pada zaman Rasulullah SAW kota ini menjadi pusat dakwah,pengajaran dan pemerintahan Islam. Dari kota inilah Islam lalu menyebar ke seluruh jazirah Arab lalu ke seluruh dunia, Madinah juga menjadi ibu kota negara Islam pertama dalam sejarah.
Kota Madinah sering juga disebut Al Madinah Al Munawwarah yang maknanya Madinah yang bercahaya (bersinar)

"Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekah), kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik kamu, maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezeki dari yang baik-baik agar kamu bersyukur." ( Q.S Al Anfaal : 26 )

MASJID NABAWI
Dinamakan Mesjid Nabawi=Masjidnya Nabi, karena Baginda Rasul SAW selalu menyebutnya dengan kata "Masjidku" setiap kali beliau menerangkan tentang masjid ini.

Terdapat 7 gerbang masuk yang luas: 3 di bagian utara, 2 di bagian selatan, dan 2 di bagian barat.Di setiap gerbang terdapat 7 pintu; 2 pintu saling berjauhan, dan di antara kedua pintu itu terdapat 5 pintu yang saling berdampingan. Pintu-pintu ini dibuat dari kayu yang diproduksi oleh pabrik kayu terbaik di dunia. Satu kayu lebarnya mencapai 3 meter. dan tingginya 6 meter, dilapisi dengan perunggu (bronz), shg terlihat sangat serasi dan indah. Di tengahnya tertulis dalam bahasa arab “Muhammad Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam”, pada bagian atasnya terdapat panel batu tertulis firman Allah “Udkhuluha bisalamin aminin” (Masuklah ke dalamnya dengan aman sentosa)

Tips selama berada di Madinah
-Pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah
-Ikutlah shalat berjamaah setiap waktu di Mesjid Nabawi, jgn ada yg kelewat
-Hadirkan selalu perasaan bahwa agan sdg berada di Kota Suci (Tanah Haram),dan sedang berjalan di atas bekas-bekas kaki Rasulullah SAW
-Agar tidak tersesat setiap kali pergi ke Mesjid Nabawi, jangan lupa melihat tanda-tanda, papan iklan atau apa saja yg bisa diingat atau dihafal
-Sebaiknya sandal/sepatu dimasukkan di tas sandal/kantong plastik, lalu simpan di dekat tempat kita shalat
-Untuk menghindari bolak balik ke dalam mesjid dan toilet, sebaiknya jangan terlalu banyak makan atau minum.

MAKAM RASULULLAH SAW
Makam Nabi Muhammad SAW terletak di sudut timur Mesjid Nabawi. Kita tidak usah bingung klo mau mengunjungi nya, karena di Masjid Nabawi terdapat Kubah Hijau (GREEN DOME) yang menandakan makam Baginda Nabi SAW dan dua sahabatnya berada tepat di bawahnya.

Tepat di bawah kubah hijau inilah Makam Baginda Tercinta Rasulullah Muhammad SAW, di sana pula secara berdampingan makam Sahabat Rasulullah ( Abu Bakar Asshiddiq RA & Umar bin Khattab RA) berada.

Kita tidak bisa melihat langsung makam Rasulullah dengan jelas, kita hanya bisa melihat dinding pembatas yang berwarna Hijau. Kita tdk diperbolehkan untuk lama-lama apalagi tengak tengok ngintip ke dalam nya, karena askar (penjaga keamanan) selalu berjaga-jaga & marah apabila kita berlama-lama.

Klo kita hanya sekedar untk memberi salam kepada Rasulullah,sebaiknya agan masuk dari pintu Babussalam (pintu paling depan sebelah Masjid Nabawi) & jika hendak keluar melalui pintu Baqi'. Tetapi pintu ini diperuntukan bagi laki2 saja. Jika qt berziarah, usahakan berdoa tidak menghadap makam, melainkan menghadap kiblat (berbalik arah dari makam nabi). Setibanya di makam, hadirkan dalam hati seolah-olah agan berhadapan langsung dengan Rasulullah SAW

TAMAN SURGA (RAUDHOH)
Lokasi yg berukuran 15 x 22 m yg terdapat di Mesjid Nabawi yg ditandai dg tiang2 putih, mulai makam Rasulullah SAW hingga mimbar beliau.

Sabda Nabi SAW : "Tempat antara mimbarku dan rumahku adalah salahsatu taman dari taman2 surga, dan mimbarku berada di atas telagaku."Memahami sabda Nabi tersebut, tidak mengherankan jika umat Islam dari seluruh penjuru dunia berebut untuk ikut menikmati 'bagian dari taman surga' itu. Akibatnya tempat ini selalu menjadi tempat yang penuh sesak. Karena diyakini pula setiap doa dan munajat kepada Sang pencipta memiliki nilai afdhaliyah yang tinggi, dengan kata lain tempat ini sangat mustajab untuk memohonkan sesuatu keinginan kepada Allah SWT.

Tips :
Karena banyaknya org yg ingin berada di Raudhah,agan sebaiknya jgn memaksakan masuk jika kondisinya sdg penuh, klo memang bs masuk jgn sampai menyakiti org lain. Untk membedakan Raudhoh dg tempat lain adalah perbedaan warna karpet, klo tempat lain warna merah Raudah sendiri warna abu2 kombinasi hijau berbunga-bunga.

MESJID QUBA'
Mesjid ini dibangun pertama kali ketika Rasulullah SAW tiba di madinah, terletak 5 KM ke sebelah utara dari Mesjid Nabawi. Mesjid ini memiliki perhatian khusus dari setiap jamaah haji/umroh, sebab siapa pun yang berangkat ke mesjid quba dlm keadaan suci, lalu melaksanakan shalat 2 rakaat di dalamnya, maka pahala yg didapatnya spt melakukan Umroh. Selain memiliki arsitektur yang menawan, mesjid ini juga menjadi mesjid pertama sbg benteng pertahanan kota Madinah.

GUNUNG UHUD (JABAL UHUD)
Merupakan gunung tertinggi di madinah, di area ini pernah terjadi perang dahsyat antara kaum Muslimin dg kelompok kafir Quraisy. Qt jg bs melihat makam para Syuhada yg gugur pd waktu perang Uhud. Ada sekitar 70 syuhada yg dimakamkan di sini, termasuk paman Nabi SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

Cari di Blog Ini

Popular Posts