..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » » 15 Alasan Merindukan Ramadhan

15 Alasan Merindukan Ramadhan

Posted by Obay Corps on 11 Agustus 2012


Ibarat seorang kekasih, maka Ramadhan selalu diharapkan kedatangannya. Setiap muslim selalu mempersiapkan diri menyambut datangnya Ramadhan. Begitu pula saat Ramadhan hampir berakhir, rasanya tak ingin berpisah. Sedih rasanya saat menapaki hari terakhir di bulan Ramadhan, meskipun esok harinya fajar 1 Syawal telah menunggu.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa : “Andaikan setiap hamba Allah mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, maka ia bakal berharap satu tahun itu puasa terus” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Mengapa Ramadhan begitu istimewa bagi kaum muslimin? Alasan apa yang menyebabkan Ramadhan begitu dirindukan kehadirannya dan mengapa setiap Ramadhan usai ada rasa sedih dan rindu tatkala berpisah dengannya?

Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa Ramadhan selalu dirindukan oleh kaum muslimin yang beriman.

1. Derajat Taqwa
Taqwa adalah tujuan diperintahkannya kaum yang beriman untuk berpuasa sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Derajat taqwa merupakan derajat yang paling tinggi dan paling mulia di sisi Allah..
Kemudahan-kemudahan bagi hamba yang bertaqwa antara lain :
- memperoleh jalan keluar dari semua masalah (QS. Ath-Thalaaq : 2 & 4)
- dicukupi semua kebutuhannya (QS. Ath-Thalaaq : 3)
- ketenangan jiwa, tak khawatir dan sedih hati (QS. Al A’raf : 35)

2. Bulan Pengampunan
Dalam hadits disebutkan : “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanannya dan karena mengharap ridha Allah, maka dosa-dosa sebelumnya diampuni” (HR. Bukhari – Muslim dan Abu Dawud)

3. Pahala dilipatgandakan
Rasulullah bersabda : “Setiap amal anak keturunan Adam dilipatgandakan. Setiap satu kebaikan sepuluh lipat gandanya hingga tujuh ratus kali lipat” (HR. Bukhari-Muslim)

4. Pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup
“Kalau datang bulan Ramadhan, maka terbuka seluruh pintu surga, tertutup pintu neraka dan setan-setan dibelenggu” (HR. Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah)

5. Ibadah istimewa
Dalam hadits qudsi Allah berfirman : “Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Itu milikku dan Aku yang membalasnya karena ia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku” (HR. Bukhari-Muslim).

6. Dicintai Allah
Hadits qudsi : “Kalau Aku telah mencintai seseorang , Aku menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untuyk matanya, menjadi pegangan untuk tangannya, menjadi langkah untuk kakinya” (HR. Bukhari)

7. Dikabulkannya Doa
Firman Allah : “Tiga doa yang tidak ditolak oleh Allah, orang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan doanya orang yang teraniaya. Allah mengangkat doanya kea wan dan membukakan pintu-pintu langit. Demi kebesaran-Ku engkau pasti Aku tolong meski tidak sekarang” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
Firman Allah : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya tentang Aku, katakanlah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku” (QS. Al Baqarah : 186)

8. Turunnya Lailatul Qodar
Allah menyatakan dalam firman-Nya : Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan mereka mengatur segala urusan. Malam itu adalah malam yang penuh dengan kemuliaan sampai terbit fajar” (QS. Al Qodar : 4-5)
Di sepuluh hari terakhir ini pula orang melaksanakan I’tikaf dan berharap Lailatul Qodar datang menemui dirinya.

9. Puasa meningkatkan kesehatan
Manfaat puasa antara lain : mengistirahatkan organ pencernaan pada siang hari, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun dan zat-zat yang tidak diperlukan dari dalam tubuh, mempercepat regenerasi sel, meningkatkan fungsi biologis dan syaraf, menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri, virus dan sel-sel kanker, memperbaiki fungsi hormone dan lain-lain.

10. Dua harapan
“Setiap orang berpuasa selalu mendapat dua kegembiraan, yaitu tatkala berbuka puasa dan saat bertemu dengan Tuhannya (di akhirat)” (HR. Bukhari)

11. Masuk surga melalui pintu khusus Ar Royyaan
“Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut Ar Royyaan yang akan dilewati oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti. Tidak diperbolehkan seseorang melewatinya selain mereka. Ketika dipanggil, mereka akan segera bangkit dan masuk semuanya kemudian ditutup” (HR. Bukhari).

12. Minum air telaga milik Rasulullah
“Mereka (para sahabat berkata) : “wahai Rasulullah, tidak setiap kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa. Beliau berkata : Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski dengan sebutir kurma, seteguk air atau susu. Barang siapa memberi minum orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya minum seteguk dari telaga dimana ia tidak akan haus hingga masuk surga” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

13. Harta dan jiwanya tersucikan
Setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk mensucikan jiwa. Demikian pula dengan harta yang telah terkumpul selama satu tahun dan telah mencapai nishabnya, maka wajiblah dizakati. Harta dan jiwa yang disucikan ini di akhirat nanti akan dapat menghindarkan diri dari api neraka. Harta yang barokah akan mendatangkan ketenangan, kedamaian dan kesejahteraan. Sebaliknya harta yang tidak barokah akan mengundang kekhawatiran dan ketidaktenangan dalam hidup.

14. Qaulan Tsaqilaa
Di bulan Ramadhan ditekankan untuk melakukan shalat malam dan tadarus Al Qur’an terutama pada sepertiga malam terakhir. Untuk semaraknya syiar Ramadhan, diperbolehkan shalat malam di sepertiga malam yang pertama dengan berjamaah di masjid yang popular disebut sebagai shalat Tarawih. Orang-orang yang suka melakukan shalat malam wajahnya bakal memancarkan cahaya kewibawaan. Allah juga menganugrahi qaulan tsaqilaa yaitu perkataan-perkataan yang berbobot dan berwibawa. Ucapan-ucapannya selalu mengandung kebenaran dan bernilai tinggi, jauh dari kesan mengobral kata-kata.

15. Berkumpul dengan sanak keluarga
Hari kemenangan setelah Ramadhan adalah Idul Fitri 1 Syawal. Silaturrahim saling memaafkan biasanya dilakukan oleh setiap orang. Kalau pada bulan Ramadhan moment mohon ampun dilakukan hanya kepada Allah, maka di bulan Syawal maaf memaafkan dilakukan antara manusia dengan manusia. Khususnya dengan kerabat dekat yang biasanya menyempatkan diri untuk pulang ke rumah orang tuanya. Dari sini kemudian muncul mudik lebaran dengan berbagai transportasi yang gunakan. Selanjutnya dapat kita lihat, dimana-mana terjadi pemandangan yang khas yang popular disebut sebagai syawalan atau halal bi halal dalam satu keluarga besar, instansi atau lembaga dan lain-lain.

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

Cari di Blog Ini

Popular Posts