..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » , , » Membuat CD OS Windows + SATA RAID

Membuat CD OS Windows + SATA RAID

Posted by Obay Corps on 10 Maret 2009

Sekarang ini ada beberpa laptop yang sudah mendukung Hardisk dengan Interface SATA-AHCI. Biasanya laptop-laptop ini keluaran yang terbaru. Namun sayang laptop sekarang ini rata-rata sudah terinstal Windows Vista secara pre-intall. Nah bagaimana jika user pengguna XP? Mau tidak mau harus migarsi ke XP lagi dan meninggalkan Vistanya.
Permasalahanpun muncul ketika akan mengintal Windows, yaitu harddisk tidak terbaca. Ada beberapa laptop yang pada interface BIOSnya sudah menukung fitur konfigurasi dari SATA menjadi IDE itu tidak masalah, tapi bagi yang tidak mendukung BIOSnya cara lain adalah dengan mengubah CD Bootable Windows dengan dukungan SATA RAID AHCI.

Untuk membuat CD OS SATA RAID tidaklah susah, perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
1. CD Windows XP.
2. Net Framework (biasanya sudah ada dalam CD Windows XP)
    3. nLiteOS. download disini
    4. Driver AHCI yang support dengan SATA. download disini

Langkah berikutnya adalah
    1. Instal Net Framework yang kemudian melanjutkan instalsi nLiteOS
    2. Extrack driver SATA AHCI kedalam sebuah foder.
Setalah sarat kedua diatas terpenuhi maka yang selajutnya adalah :
  1. Buka/jalankan Aplikasi nLite tersebut. Pada simulasi kali ini, saya memilih Indonesia sebagai bahasanya. Kemudian klik button “Lanjut”.
  2. Klik Button “Browse” untuk menentukan lokasi dimana master windows yang akan kita remaster-kan.
  3. Setelah itu akan terlihat apa nama produk, versi, bahasa dan ukuran dari windows yang akan kita remaster-kan. Setelah itu klik button “Lanjut”
  4. Setelah itu akan keluar tampilan Preset, yang berfungsi menggunakan settingan remastering sebelumnya. Pada simulasi kali ini, saya asumsikan kita belum pernah melakukan proses remastering sebelumnya, jadi tidak ada settingan yang tersimpan. Sehingga jika muncul tampilan seperti di bawah ini, klik import untuk memasukkan driver AHCI agar windows xp biasa di install di hardisk SATA, setelah itu klik Button “Lanjut”
  1. Setelah itu akan keluar tampilan seperti di bawah ini, yaitu opsi apakah ingin melakukan integrasi, menghapus komponen, mengatur konfigurasi setup, dan opsi membuat bootable ISO. Pada simulasi kali ini, saya memilih semua opsi, KECUALI integrasi. Karena fokus kita kali ini adalah bukan menambahkan/menyisipkan, melainkan melakukan penghapusan komponen dan melakukan konfigurasi. Setelah opsi dipilih, klik button “Lanjut”
  1. Maka akan muncul menu penambahan driver SATA RAID, kilik me nu sispkan driver SATA RAID dimana kita mengex tracknya tadi. Setelah itu te kan lanjut.
  2. Jika anda ingin mengkostumisasinya lagi anda dapat memilih menu “Hapus-K omponen”. Ini bertujuan untuk mengurangi jumlah file instalasi pada CD bawaan windows, misal anda tidak membutuhkan wordpad karena anda nantinya akan me nggunakan MS Office, maka hapus sajalah. Dan juga anda dapat menghapus program-program yang lain.
  3. Selesai sudah tahap pembuangan/peng hapusan komponen. Klik Tombol Lanjut.Kita akan dihadapkan dengan opsi Unattended, yang baerarti di sini kita bisa menanamkan serial number, dan konfigurasi - konfigrasi lainnya(seperti user, networking, timezone, Desktop, dan lain-lain) sehingga windo ws hasil remastering ini nantinya tidak meminta serial number dan konfigurasi-k onfigurasi lainnya ketika diinstall, karena semuanya sudah kita embedded-kan.
  1. Akan keluar tampilan seperti di bawah ini. Klik -lah button “Yes” untuk memulai pemrosesan :
Setelah itu jadi deh CD OS Windows + SATA. Bahkan yang lebih hebatnya lagi ukurannya dari 580MB menjadi 388MB plus driver di dalamnya dan waktu instalasi yang cepat (sekitar 11 menit saja).
Bagi Anda yang merasa kesulitan dan selalu gagal dengan percobaan dan experimen ini, maka saya siap membantu anda membuatkan CD Windows yang terintegrasi dengan SATA. CD Windows ini saya berikan dari yang Original/Genuine XP. Cukup kirimkan alamat anda, no telp/HP, spesifikasi/jenis laptop ke alamat email : obay.corps@gmail.com.
Jika anda juga inginkan Driver laptopnya langsung terintegrasi, silahkan kirimkan Driver anda (dlm bentuk file .inf yang di .zip) ke email saya di atas. Mahar sesuai akad/se-ikhlasnya.

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah hasil penggabungan ini akan support semua jenis laptop yang menggunakan SATA?? Ataukah hanya untuk merk laptop tertentu saja??

Anonim mengatakan...

Ok, thanks ilmunya Bos, ntar kalo gak bisa tolong dibuatin CD-nya ya....
Matur suwun....

ry4nicks@yahoo.com

Anonim mengatakan...

selamat dan sehat selalu buat admin.

mau tanya seputar driver sata raid yg diintegrasi ke xp. pertanyaanya, bisa tidak prosedur integrasinya diterpakan ke dvd bootable win 7?

masalahnya, saya telah pny dvd win 7 bajakan, trus coba tuk diinstal ke acer 4730z tapi tidak berhasil. banyak driver missing dalam pesan errornya. saya pikir ada hubungannya dengan hal ini.

mohon replynya (jawaramuslimberiman@operamail.com)

Wahjoedi mengatakan...

jawaramuslimberiman@operamail.com<= silahkan cek emailnya.

Cari di Blog Ini

Popular Posts