..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » » Berbelanja bijak dalam di bulan Ramadhan

Berbelanja bijak dalam di bulan Ramadhan

Posted by Obay Corps on 19 Juli 2012


Berbelanja adalah hal dan kebutuhan mutlak bagi setiap orang.
Dahulu oleh kebanyakan orang, berbelanja hanya dapat dilakukan dengan berhadapan langsung antara penjual dengan pembeli dipasar yg biasa disebut dengan cara konvensional,  Namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi cara konvensionalmulai bermigrasi ke arah yg lebih simple, canggi dan enjoy tanpa harus capek² melangkah keluar rumah atau bahkan beranjak dari tempat duduk, dan cara itu bisa didapat degan sebutan "belanja online" atau e-commerce.

Dibalik kemudahan dalam berbelanja online, terselip juga masalah yg umum dihadapi, salah satunya yaitu penipuan dan pengiriman barang (shipping).
Namun ada hal yg harus diketahui serta cara yg aman dan bijak dalam belanja online agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan:

1. Tentukanlah terlebih dahulu apa yg Anda butuhkan.
2. Lalu memulailah dengan mencarinya di Internet dan sesuaikan apa yang Anda butuhkan.
3. Jika Anda telah menemukan barang yg dicari di sebuah toko online, cobalah Anda lihat harganya, apakah rasional atau tidak, jangan terpengaruh dengan harga yang murah. carilah referansi harga dari beberapa web atau langsung ke situs resmi dari barang yang anda cari (biasa untuk harga barang elekronik ada mencantumkan harga pasaran di websitenya).
4. Lanjutkan dengan mengamati toko online tersebut, pastikan yang peling utama Anda mengecek apakah Toko Online tsb memiliki alamat yg jelas, no telepon, HP, Fax, YM, BBM, dll. Jangan sampai Anda terjebak dalam Toko Online fiktif. Toko Online yg bisa dipercaya adalah yg biasa melayani jasa COD (Cash On Dilevery).

Tambahan lain jika Anda melakukan transaksi dengan seller/penjual langsung di forum-forum, yaitu :
1. Pastikan seller telalh memiliki reputasi yang baik, ini bisa dilihat dari riwayat penjualan yang talah ada dan umpan balik (testimoni) dari para pembeli sebelumnya.
2. Jika penjual dan pembali tidak tinggal sekota, dan tidak mungkin melalkukan COD, maka cobalah memanfaatkan media Rekening bersama (Rekber) dalam hal pambayaran. Hindari transfer uang langsung.

Semoga tips diatas bermanfaat.. nanti di update lagi, 
"lagi malas nulis"

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

Cari di Blog Ini

Popular Posts