..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » , , » Partition at Windows Vista Build -On

Partition at Windows Vista Build -On

Posted by Obay Corps on 08 Agustus 2008

Pernahkah anda melihat/menggunakan computer/laptop baru dengan menggunakan windows vista original yang sudah terintegrasi di dalamnya..??? Biasanya pihak vendor hanya membuat satu partisi saja dalam hardiskknya yaitu partisi/drive C:” saja tanpa ada drive D:”. Kelemahan dari satu partisi ini mungkin sangat banyak anda rasakan. Salah satunya jiak windows “Crash” maka bisanya harus install ualang lagi dan mau tidak mau kita akan kehilangan data2 penting di dalamnya.
Untuk dapat mempartisi Drive C:” pada windows vista memang susah-susah gampang, karena ada software pihak ketiga yang menyediakannya seperti partition magic. Ternyata si pihak ketiga yang biasa kita kenal sama sekali tidak mendukung pada windows vista. Setiap di instal aplikasi pihak ketiga ini akanmembuat si jendela kembali restart. Dan jika ini dibiarkan berulang-ulang, maka windows akan rusak dan mau tidak mau kita harus install ulang dan mengakibatkan kita akan kehilangan si jendela yang ori.
Ternyata dibalik semua itu si jendela sudah menyediakan bagaimana cara mempartisi hardisk kita dengan benar dan aman. Nah… untuk jelasnya coba anda lakukan hal berikut.
Open Manage my computer
My Computer >Manage>Disk Management.
Akan muncul gambar seperti di atas..
Lalu pilih Nes Simple Volume pada partisi yng memiliki label hitam.

Klick kanan, lalu ambil Shirk Volume. (jika total hardisk 120GB, maka partisi yang bisa di bagi untuk D: menjadi 30GB. Jika total hardisk 160GB, maka yang bisa dipartisi untuk D: adalah 60GB. Jadi penambahannya adalah 20% dari selisih total hardisk yang sudah ada).
Setelah itu, maka akan ada ruang hardisk baru lagi dan berlabel hitam. Kalau sudah itu, barulah hardisk di partisi ulang sesuai selera pembagiannya. Apakah akan anda bagi lagi atau tidak.
Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada parisi yang baru (masih pada lebel hitam di diskmanagement), lalu ambil New Volume, setelah itu ikuti saja petunjuknya seperti dengan menekan tombol Next.
Akhirnya adalah anda tinggal menunggu proses format untuk partisi D:.
Selesai.

Semua percobaan dilakukan degan menggunakan Vista Starter, Home Premium, Ultimate dan telah di uji di Lab Kom Faperta Sosek Unand Padang dan berhasil tanpa ada masalah.
Semoga bermanfaat…

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Cari di Blog Ini

Popular Posts